Minggu, 10 Oktober 2010

ekspor produk indonesia ke mesir

Potensi Ekpansi Produk Ekspor Indonesia ke Mesir PDF Print
14-10-2009
Duta Besar RI untuk Mesir, A.M. Fachir terus mendorong pengusaha Indonesia untuk melakukan expansi produk-produk ekspornya ke Mesir. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui partisipasi dalam 12th Trade Fair Of OIC Member Countries di Kairo, Mesir, pada 11 - 16 Oktober 2009. Dalam kunjungannya ke Pavilion Indonesia (12/10) Dubes RI menyampaikan kepada para pengusaha Indonesia bahwa pertumbuhan ekonomi Mesir yang ditargetkan akan meningkat di tahun 2009 hingga mencapai 5,5% serta intensifnya pengembangan sektor perumahan/ apartemen, pasar Mesir merupakan potensi bagi berbagai produk ekspor Indonesia, seperti meubel, tekstil dan produk tekstil, alas kaki dan peralatan rumah tangga.
Sebelumnya, pada 11 Oktober 2009, Duta Besar A.M. Fachir dalam jamuan makan malam untuk para pengusaha dari tujuh perusahaan Indonesia yang berpartisipasi pada Pameran Dagang OIC tersebut dan para pengusaha dari 35 perusahaan Mesir yang akan hadir pada Trade Expo Indonesia ke-24, tanggal 28 Oktober – 1 November 2009 di Jakarta menyampaikan bahwa Indonesia dan Mesir memiliki potensi kerjasama di bidang perdagangan yang besar. Sebelum tahun 2007, peningkatan nilai perdagangan hanya sekitar USD 100 juta pertahun, kemudian pada tahun 2008 nilai perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan sebesar USD 500 juta dari nilai perdagangan USD 600 juta (2007) menjadi USD 1,1 miliar (2008), dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD 580 juta. Karena itu, Dubes A.M. Fachir berharap para pengusaha kedua negara yang hadir dapat mengeksplorasi peluang bisnis bersama. Secara khusus, rencana kunjungan para pengusaha Mesir ke Indonesia menjadi peluang berharga untuk melakukan business matching.
Dalam kesempatan pertemuan itu, Ketua Egyptian-Indonesian Business Council, Mohammad Baraka, pemilik agen di Mesir dari perusahaan Indonesia yang memproduksi ban, glassware dan sebagai investor produk meubel di tanah air mengemukakan bahwa berbisnis dengan Indonesia akan sangat menguntungkan. Selain itu, masih banyak peluang kerjasama bagi pengusaha Mesir dan Indonesia yang dapat dikembangkan. Mohammad Baraka dalam hal ini memuji kualitas produk Indonesia dan menyampaikan kepuasannya dalam menjalin usaha dengan mitranya dari Indonesia. Dalam kaitan upaya meningkatkan kerjasama pengusaha kedua negara, Mohammad Baraka menyampaikan penghargaannya atas peran dan fasilitasi KBRI Kairo khususnya Atase Perdagangan dalam mendorong dan memberi perhatian kepada para pengusaha Mesir yang ingin mengembangkan kerjasama dengan pengusaha Indonesia. Karena itu, dirinya bersama para pengusaha Mesir tersebut di atas akan hadir pada Trade Expo Indonesia ke-24 mendatang. (Sumber: KBRI Kairo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar